Lalu, bagaimana caranya membuat dokumen menggunakan Google Docs? Ayo kita paraktekkan langkah-langkah berikut....
- Pastikan komputer Anda terhubung ke internet (alias online).
- Pastikan Anda mempunyai akun Google. Bisa email, Google Plus, Blogger ataupun Youtube. Kalo gak punya gimana? Gpp... nanti sekalian buat akun saat mengakses Google Drive.
- Masuklah ke Google.com. Setelah itu pilih menu "Drive". Cari di tab menu (bagian atas dari layar Anda).
- (Bagi yang belum punya akun Google... Yang sudah punya langsung langkah ke-5 saja). Buat akun dengan meng-klik "SIGN UP". Ikuti petunjuk Mbah Google sampai selesai.
- Masuklah menggunakan akun Anda. (SIGN IN). --> masukkan nama email dan password.
- Klik di kotak "CREATE" di bagian kiri atas layar Anda.
- Kalau Mbah Google meminta Anda untuk meng-upload file.. Ya upload-lah sembarang file dulu. Baru klik "CREATE" lagi.
- Pilih menu "Document", maka Anda akan masuk ke wilayah pengeditan dokumen.
- Ketikkan nama Anda, NIM, dan pesan kesan Anda terhadap matakuliah Dasar Komputer.
- Klik menu "File > Rename". Berilah nama file Anda dengan nama Anda sendiri.
- Lalu klik menu "All Changes Save in Drive".
- Buka kembali Google Drive Anda. File Anda sudah tersimpan di sana kan?
- Anda bisa mengedit kembali file tersebut dengan cara membuka file-nya.