Senin, 25 November 2013

Membuat Border : Trik Scribus

Border adalah garis tepi seperti yang biasa kita lihat pada piagam atau sertifikat. Di Scribus, kita bisa berkreasi menciptakan border sesuai dengan keinginan kita. Berikut ini akan kita coba untuk membuat border.
  1. Buka Scribus dan buat file baru [File > New]. Pilih "single page".
  2. Buat bentuk dasar yang akan digunakan untuk membuat border. [Insert > Insert Polygon > Properties]. Atur pojoknya (corners) menjadi 4 dan rotasinya 0. Jadilah bentuk berikut :
  3. Borders2b.png

  4.  Gandakan bentuk tersebut. Caranya, klik pada gambar, kemudian masuk menu [Item > Multiple Duplicate > By Number of Copies]. Atur "number of copies" menjadi 20. Horizontal Gap = -1 cm. Vertical gap = 0. Rotation = 0.
  5. Seleksi semua bentuk tersebut. Kemudian masuk menu [Item > Combine Polygons].
  6. Klik pada obyek tersebut kemudian beri warna. Caranya, masuk menu [Windows > Properties]. Pilih tab "Color" kemudian pilih warna yang Anda suka. Jadilah gambar seperti berikut :
  7. Gandakan bentuk tersebut dan putar agar menjadi vertikal. Caranya, klik pada gambar, kemudian masuk menu [Item > Multiple Duplicate > By Number of Copies]. Atur Rotasinya menjadi 90.
  8. Lakukan penggandaan [Item > Duplicate], atau copy paste pada masing-masing obyek vertikal dan horizontal agar menjadi frame yang lengkap. Atur posisinya. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kertas. Jadilah gambar sebagai berikut :   
  9. Jangan lupa disimpan ya...

2 komentar: