Senin, 01 April 2013

Membuat Kolom Koran : Praktek OpenOffice.org-Writer

Pada praktek yang ketiga ini ada beberapa hal yang akan kita buat.
  1. Buat file baru [File > New > Text Document]. Ketikkan teks sebanyak 6 paragraf.
  2. Paragraf I-II jadikan dua kolom. Blok paragraf I-II kemudian masuk menu [Format > Columns]. Isi column dengan 2, kemudian tekan OK.
  3. Paragraf III-IV jadikan dua kolom. Tetapi kali ini hilangkan tanda centang pada kolom "AutoWidth". Atur spacing menjadi 2 cm. Kemudian atur lebar kolom pertama (Width) menjadi 5 cm.
  4. Sekarang kita akan membuat drop cap di paragraf I. Blok huruf pertama pada paragraf pertama. Masuk menu [Format > Paragraf > Drop Caps]. Centang menu "Display Drop Cap". Atur number of Charcters menjadi 1, dan lines menjadi 3. Klik OK.
  5. Buat drop cap juga untuk paragraf III. Kali ini yang dijadikan dropcap adalah satu kata yang pertama. Atur line menjadi 2. Dan space to text = 0,2 cm.
  6. Masukkan paragraf V ke dalam kotak (border). Blok paragraf V. Masuk ke menu [Format > Paragraph > Borders]. Pilih "Line Style" yang Anda sukai. Pada bagian "user-defined", klik pada empat sisi kotak (sampai kelihatan garisnya). Pilih juga "Shadow style" yang Anda kehendaki, tentukan warnanya di bagian "color". Akhiri dengan klik OK. :)
  7. Kita akan melakukan perubahan huruf besar dan kecil pada paragraf VI. Kalimat pertama buat menjadi huruf besar semua --> Blok kalimat pertama kemudian masuk ke menu [Format > Change Case > Uppercase]. Kalimat terakhir ubah menjadi huruf kecil semua (pilih "Lower Case").
  8. Hmmmm..... kayaknya cukup sekian dulu dech..... dilanjutkan lain waktu saja. Jangan lupa disimpan ya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar